hamdan%20junaedi
Selasa, 27 Maret 2012

Pengenalan peralatan dasar jaringan komputer

0 komentar

Pengenalan peralatan dasar jaringan komputer

Untuk membangun sebuah koneksi dasar jaringan komputer diperlukan beberapa alat yang dibutuhkan. namun, bila kita mencoba melakukan listing dan mempelajari alat-alat tersebut, maka pasti satu artikel ini tidak akan cukup untuk membahas itu semua. kali ini saya akan mencoba memperkenalkan beberapa alat yang sangat umum digunakan dalam jaringan komputer. antara lain: LAN Card, Hub, Switch, juga Router.
  1.   LAN Card
 Lan Card atau biasa disebut NIC (Network Interface Card) atau kartu jaringan adalah sebuah hardware berupa rangkaian elektrik yang dapat digunakan untuk koneksi jaringan lokal maupun internet. bila anda lihat gambar disamping, itu adalah sebuah Lan Card yang dapat dipasang pada sebuah PC (motherboard) yang memiliki slot(dudukan) PCI. untuk sekarang ini jika kita membeli sebuah perangkat komputer umumnya slot ini sudah terpasang dan siap dikoneksikan dengan menggunakan kabel
LAN. Namun, pada beberapa motherboard, Lan Card ada yang sudah terpasang secara OnBoard atau sudah menjadi satu rangkaian dengan Motherboard.
Setiap Kartu jaringan (Lan card) memiliki nama atau biasa disebut alamat MAC. Mac Address ini tentu saja berbeda-beda untuk setiap LAN Card. jika kita berada dalam lingkungan windows, kita dapat melihat Mac Address ini dengan mengetikan perintah "ipconfig /all" pada Command Prompt








pada gambar diatas Mac Address atau disebut juga sebagai Physical Address adalah 00-1E-68-23-48-F3.
12 digit ini bukan sembarang karakter. jika anda perhatikan, seluruh karakter itu merupakan bilangan Hexadesimal. 6 digit pertama menunjukkan vendor atau pembuat, sedangkan 6 digit terakhir adalah nomor seri dari Lan Card tersebut. perlu diingat, Mac Address bersifat fisik dan tidak dapat diganti, namun, untuk beberapa alasan keamanan dan juga teknologi yang semakin maju, memungkinkan seseorang untuk mengganti Mac Addressnya baik dengan menggunakan software atau secara manual. Lan Card adalah sebuah device yang bekerja pada Layer 1 jika kita merujuk pada OSI Layer.

2.  HUB
device satu ini sudah mulai ditinggalkan berhubung alasan keamanan dan juga cara kerjanya yang mempermudah seseorang melakukan pencurian data pada sebuah jaringan lokal. namun, ada baiknya saya juga menjelaskan sedikit mengenai Hub ini.
Hub adalah sebuah device yang digunakan pada sebuah jaringan lokal agar sebuah komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya. semua komputer yang terhubung pada port (lubang) Hub akan berada dalam sebuah Broadcast Domain dan memungkinkan untuk terjadinya pertukaran data dan juga sistem sharing internet secara otomatis. cara kerja Hub adalah dengan membroadcast (menyebarkan) paket dari satu komputer ke semua komputer dalam jaringan hub tersebut. Hub sangat tidak cocok digunakan pada jaringan yang membutuhkan keamanan yang tinggi seperti Jaringan Bank, jaringan Kampus, atau mungkin perkantoran.

3. SWITCH
Switch merupakan sebuah device pengembangan dari Hub. Switch lebih aman dan digunakan pada hampir semua jaringan lokal yang ada pada saat ini. secara fisik, Switch dan Hub memiliki bentuk yang sama. Switch bekerja pada layer 2 (OSI Model) dan ia bekerja dengan mengingat Alamat Mac dan  komputer yang terhubung dengannya. cara kerja Switch lebih aman karena ia tidak membroadcast paket yang dikirim oleh suatu PC kepada semua PC yang ada pada satu jaringan LAN. namun, ia hanya mengirimkan paket kepada PC yang memerlukkannya. sangat beragam merk Switch yang ada saat ini. dari yang berharga sekitar 100 ribuan sampai jutaan rupiah. Switch dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu switch Manageable dan Switch Unmanageable. Switch manageable adalah switch dengan harga tinggi yang dapat dikonfigurasi karena memiliki sistem operasi didalamnya. Pioneer untuk Switch manageable adalah device dengan merk 'Cisco'. selain Cisco, kebanyakan hanya sebuah Switch murah yang tidak dapat dikonfigurasi (Unmanageable) dan sistem pakainya : tinggal colok. Switch manageable dibuat untuk meningkatkan keamanan pada sebuah jaringan lokal dan biasa dipakai pada perusahaan-perusahaan elite. karena cara kerjanya, switch manageable dapat juga dikelompokkan menjadi device yang bekerja pada layer 3 OSI Model.

4. Router
Walaupun dalam bentuk fisik Router mirip dengan Switch ataupun Hub, namun dari segi cara kerja mereka sudah sangat berbeda. Switch/Hub hanya digunakan pada jaringan lokal yang memiliki sebuah broadcast domain, sedangkan Router dapat digunakan untuk melakukan pembagian Broadcast domain. selain itu Router memiliki fungsi sebagai penerus paket dan juga menentukan jalur terbaik agar sebuah paket dapat sampai ke sebuah host / PC. selain itu, router juga dapat melakukan proses pemfilteran paket-paket yang dapat masuk dalam suatu jaringan.
Cara konfigurasi router berbeda-beda tergantung dari merk/vendor pembuatnya. untuk Router kelas enterprise, sering digunakan Router keluaran Cisco yang merupakan 'Raja' didunia device jaringan dan juga sertifikasi jaringan. didalam Router sudah terdapat sistem operasi yang bisa kita gunakan. pada dasarnya, router adalah sebuah komputer.
Router memiliki harga dari kisaran ratusan ribu dan bahkan sampai berharga milyaran untuk merk Cisco.
untuk anda ketahui, jika ingin menghemat, PC anda pun dapat anda sulap untuk menjadi sebuah Router. beberapa tahun belakangan ini marak penggunaan PC sebagai Router dengan menggunakan sistem operasi Mikrotik yang merupakan turunan dari Linux dan tentu saja bersifat Open Source.

Leave a Reply